Karya Guru

Fikih Darah Kaum Hawa (Part 4)

Oleh :Musleh,S.Pd.I.,M.Pd.*)

Pada pembahasan sebelumnya jika masa suci tidak sampai 15 hari dan darah yang kedua keluar setelah masa 15 hari maka darah tersebut bukan lanjutan dari darah sebelumnya tetapi menyempurnakan masa suci menjadi 15 hari 15 malam, sisanya dihukumi haid yang lain.

Apabila masa suci kurang dari 15 hari 15 malam dan darah yang kedua keluar sebelum masa 15 hari maka haidnya adalah ambil bulan sebelumnya, jika haid bulan sebelumnya 10 hari misalnya maka haidnya 10 hari. Jika haid bulan sebelumnya lupa masa dan waktunya maka disebut mutahayyirah yang menurut sebagian ulama haidnya sehari semalam dan sucinya 29 hari. Contoh *)

  1. Keluar darah 7 hari suci 7 hari dan keluar darah lagi 12 hari. Maka haidnya mengambil haid bulan yang sebelumnya, jika haid bulan yang sebelumnya 7 hari maka haidnya 7 hari. Jika haid bulan sebelumnya lupa masa dan waktunya maka haidnya sehari semalam suci 29 hari.
  2. Keluar darah 5 hari suci 9 hari dan keluar darah lagi 11 hari. maka haidnya mengambil haid bulan yang sebelumnya.  Hukum Seterusnya sama dengan contoh nomor 1

Penjelasan contoh diatas suci 7 hari ( kurang dari 15 hari ) dan darah yang kedua ( 12 hari ) keluar setelah masa kurang dari 15 hari ( 7 + 7 = 14 ) maka tidak bisa menyempurnakan masa suci.

Bersambung…..

*Kepala Madrasah M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *