Karya Guru

Mari gemar menulis agar hidup lebih exis

Oleh : Abdur Rohman,S.H.*)

Kita sekarang hidup di masa-masa sempurna yakni di Era Digital,kita tidak akan bisa di pisahkan dengan yang namanya Sosial Media,karena hal itu sudah menjadi
kebutuhan pokok kehidupan.

Bukan harus alergi dengan hal itu,tapi mari gunakan Sosial Media tersebut dengan sebaik mungkin,terlebih dalam hal yang bermanfaat untul orang lain.

Di antara Yang bisa kita lakukan di dalam Sosial media tersebut bisa berupa Karya Tulis atau Kajian Ilmiah,hal ini sangat bernilai positif baik untuk individual ataupun untuk masyarakat pada umumnya,lebih-lebih Karya Tulis tersebut berupa Pesan Moral,Ilmu Pengetahuan,Agama dll. yang bermanfaat untuk orang banyak.

Kalau di tinjau dari sejarah,tulis menulis bukan hal yang asing lagi,apalagi ketika kita merujuk pada masa awal-awal Islam,yakni pada masa para Sahabat Nabi Muhammad SAW.

Di masa para Sahabat tidak sedikit mereka yang mahir dalam ilmu tulis menulis,di antaranya ialah Muawiyah,Zaid bin Tsabit,Ubay bin Ka’ab dan Zubair bin Awwam.

Beliau semua sangat pandai dalam hal tulis-menulis,bahkan di antara jasa tulisan mereka yang masih kita rasakan sampai hari ini tiada lain ialah Al-quran Al-Karim,karena mereka dahulu adalah pencatat/penulis wahyu-wahyu yang di turunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Karya tulis-menulis merupakan salah satu sarana yang sangat baik sekali,apalagi dalam ranah da’wah/syi’ar yang manfa’atnya tidak cuma bisa dirasakan satu hari,satu bulan,satu tahun ataupun satu abad saja,akan tetapi bisa di rasakan selama-lamanya.

Dari hal itu mari mulai hari ini,kita semangatkan diri kita untuk bisa belajar dan terjun dalam hal tulis menulis untuk masa depan diri kita,anak cucu,Agama,Bangsa dan Negara.lakukanlah hal yg benilai positif dengan tulis menulis hingga ahir nanti.

Ada salah satu pesan dari Sahabat Sayyidina Ali bin Abi Tholib yang bisa menjadi pegangan untuk lebih semangat dalam hal tulis menulis “Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan bisa membahagiakan nanti di Akhirat”.

Staf Pengajar MTs.Miftahul Ulum Al-Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *