Berita Karya Guru

Pelatihan Pendamping PPH

Oleh :Mochammad Ricky Rifa’i,S.Pd.*)

Dua Guru MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Mengikuti Kegiatan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH)

Kegiatan pelatihan pendamping proses produk halal (PPH) merupakan suatu terobosan dan inovasi baru yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Kegiatan tersebut dilakukan di Hotel Royal Jember pada tanggal 24-25 September 2022.

Pelatihan pendamping produk proses halal tersebut diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari masyarakat, dosen, mahasiswa, dan alumni mahasiswa UIN KHAS Jember. Tidak ketinggalan juga dua guru MTs Miftahul Ulum Al-Azizah yang merupakan alumni dari UIN KHAS Jember yakni Mochammad Ricky Rifa’i, S.Pd. dan Rivo Alfarizi Kurniawan, S.Pd.

Ket.suasana pelatihan

Kegiatan pelatihan tersebut dimulai sekitar jam 13.00 yang langsung dibuka oleh Rektor UIN KHAS Jember yaitu Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. Dalam sambutannya rektor UIN KHAS Jember mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada saudara sekalian yang sudah berpartisi dalam mengikuti pelatihan pendamping proses produk halal yang merupakan inovasi baru bagi kampus UIN KHAS Jember.

Kemudian dilanjut sambutan dari ketua lembaga pemeriksa Halal (LPH) ” wilayah kerja dari halal center UIN KHAS Jember ini meliputi Se-Tapal Kuda, jadi membutuhan tenaga yang banyak untuk bisa bekerja sama dalam melalukan pendampingan PPH” ujar Dr. Andi Suhardi, ST., M.Pd

Setelah acara sambutan dilanjut ke acara inti yaitu penyampaian materi, mulai dari materi 1, 2, dan 3 hingga larut malam.

“Kita bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang kita dapat terutama berkaitan dengan tata cara memeriksa makanan halal” ujar Ricky Rifa’i. Selain itu kita juga dapat makan dan tidur di hotel secara gratis, ujar Rivo Alfarizi sambil tertawa.

Kegiatan yang berakhir pada hari Minggu ini telah usai dan semua peserta diwajibkan mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan selama pelatihan.

* Guru IPA MTs Miftahul Ulum Al-Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *