Berita

Siswa MTs Miftahul Ulum Al-Azizah Berpartisipasi Dalam Ajang Gebyar Kompetisi Sains Islam (GALAKSI) Se-Jawa Timur dan Bali

Oleh: Mochammad Ricky Rifa’i, S.Pd

Gebyar Kompetisi Sains Islam (Galaksi) merupakan suatu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Vektor Tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Galaksi terdiri dari serangkaian kegiatan yang mengarah pada kreativitas siswa dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Ada beberapa perlombaan yang bisa diikuti yaitu olimpiade IPA dan science product tingkat SMP/MTs.

Kegiatan Galaksi dilakukan pada hari Selasa, 22 November 2022. Ini merupakan kegiatan Galaksi yang ke-5. Partisipasi siswa MTs Miftahul Ulum Al-Azizah pada ajang Galaksi yaitu di cabang lomba olimpiade IPA yang diikuti oleh 7 siswa, di antaranya M. Salman Alfrisi (9B), Dhesta Bintang Pratama (7A), M. Firdaus (8B), Ikhwanuddin (8B), Qumilail (8B), M. Syaifullah Yusuf (8B), dan M. Rifqi Firmansyah (8B).

Ketujuh siswa tersebut mengikuti kegiatan Galaksi secara virtual (online) dengan mengerjakan 100 soal dengan bentuk 90 soal pilihan ganda dan 10 soal sebab akibat dengan waktu pengerjaan dimulai sekitar jam 08.00-10.30 WIB yang sebelumnya diadakan pembukaan bersama seluruh peserta melalui zoom meeting.

“Galaksi ini sangat bermanfaat bagi siswa kami, di antaranya menambah pengalaman, menambah ilmu, dan meningkatkan prestasi siswa, “ujar Rivo Alfarisi, selaku guru IPA.

Hal tersebut senada yang disampaikan oleh salah satu siswa, “mengikuti lomba itu seru, menambah pengalaman, meningkatkan daya pikir, dan soalnya lumayan sulit, “ujar Syaifullah Yusuf”.

“Harapan kami selaku guru IPA, siswa yang mengikuti Galaksi tersebut bisa masuk final dan memperoleh juara, di samping itu siswa terus dapat meningkatkan kemampuannya terutama dalam bidang sains.” ujar Ricky Rifa’i selaku guru IPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *